Zen Irwan Susanto

Catatan Perkuliahan Teknik Informatika

Teknologi Komponen Input, Proses dan Output

TEKNOLOGI KOMPONEN INPUT

—————————————————–

Komponen input ini merupakan bagian dari sistem yang bertugas menerima data masukan yang merupakan komponen penggerak pada sistem komputer. Sebagai contoh pada komponen input ini terdiri dari Keyboard, Mouse, Scanner, Pointing, Sensor dll.

Keyboard

Keyboard merupakan alat yang paling umum digunakan pada komputer, rasanya kurang pas kalau komputer gak ada keyboarnya ya..

Salah satu contoh keyboard seperti di bawah ini :

Keyboard ini merupakan penjelmaan lain dari mesin ketik manual, secara fisik keyboard merupakan tombol-tombol yang memeiliki karakter yang ditulis di atas tombol-tombol tersebut yang masing-masing mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Saat ini keyboard sudah ada dalam sistem secara virtual.

Sususna pada keyboard ini bermacam-macam berdasarkan kebutuhan pada masing-masing tiap negara agar lebih mudah untuk mengaksesnya.  Layout QWERTY saat ini sudah menjadi standard keyboard komputer.

Berdasarkan cara koneksinya, keyboard terdiri dari beberapa teknologi. Pada awalnya keyboard ini menggunakan AT (DIN-S) yang merupakan standrad konektor  prada komputer teknologi pra-80486, kemudian berkembang lagi dengan teknologi PS/2 dan kini denan teknologi USB (Universal Serial Bus).

Keyboard Types

Merupakan teknologi keyboard standard yang memiliki tombol-tombol yang cukup besar sesuai dengan lebih kurang ukuran jari manusia pada umumnya. KArena ukurannya yang cukup besar beberepa pengembang merampingkan ukuran keyboard dengan membuat desain keyboard sehingga menjadi lebih ramping. Salah satunya dengan Chording Keyer yaitu dengan menekan beberapa key secara bersamaan.

Keyboard Wireles

Teknologi yang sangat populer saat ini, type koneksinya menggunakan wireless sehingga fleksibel dalam penggunaannya, hanya saja keyboard ini harus menggunakan baterei untuk koneksi wirelessnya sehingga kalau daya baterei habis keyboard tidak berfungsi dan ada kemungkinan lost data ketika kita melakukan proses input. Teknologi keyboard wireless ini memungkinkan terjadinya kebocoran data karena jaringan wireless yang sifatnya bisa diakses oleh orang lain.

Keyboard Virtual

Merupakan salah satu fitur dari dari program komputer yang berupa virtual yang memiliki fungsi tombol-tombol seperti pada kerboard fisik biasa.

Mouse

Mouse merupakan perangkat input tambahan, karena suatu sistem komputer tanpa mouse pun juga tetap bisa berjalan, akan tetapi apabila menggunakan mouse proses pekerjaan bisa lebih cepat dan efisian.

Pertamakali mouse diciptakan dengan ukuran besar dengan menggunakan dua buah roda yang tegak lurus untuk mendeteksi gerakan dua sumbu yaitu sumbu x dan sumbu y. Yang kemudian dipatenkan pada 17 November 1970 oleh Douglas Engelbart.

Bill English kemudian mengembangkan mouse dengan mengganti  roda tegak lurus dengan bola yang bisa berputar ke segala arah. Inilah awal mouse generasi trackball.

Perkembangkan berikutnya yaitu Mouse Optikal yang pertamakali dikembangkan oleh Steve Kirsch dari Mouse Corporation. Teknologi yang digunakan adalah memanfaatkan Photo Dioda dan Light Emiting Dioda (LED).

Saat ini kita menggunakan mouse dengan teknologi sensor optik atau biasa kita sebut dengan Mouse Optik.

Mouse pada awalanya memiliki satu tombol dan kemudian oleh Microsoft dengan dua tombol fungsi, samapai saat ini mouse telah dilengkapi pula dengan Whell untuk memudahkan proses scrolling.

Teknologi Wireless juga sudah diterapkan pada mouse yang menggunakan gelombang radio dan ada juga yang menggunakan bluetooth.

Touchpad

Touchpad atau bantalan sentuh merupakan permukaan khusus yang bisa menterjemahkan gerakan jari pengguna pada perintah atau arah tertentu yang diinginkan. Teknologi ini salahastunya diterapkan pada Laptop atau komputer jinjing.

Bantalan sentuh ini menggunakan teknologi sensor dengan menerapkan metoda kapasitif  shunt, yaitu merupakan indera perubahan kapasitansi antara pemancar dan penerima yang berada pada sisi berlawanan dari sensor. Pemancar menciptakan medan listrik yang berosilasi pada frekuensi 200 – 300 kHz. Apabila titik permukaan disentuh dengan jari akan adanya perubahan kapasitansi yang akan menggerakan sensor pada perintah tertentu.

Web cam

Web Cam atau kamera web ini merupakan komponen input yang digunakan untuk merakam atau hanya mengambil video dari luar yang biasanya disertai aplikasi untuk pengaturan display.

Webcam terdiri dari lensa yang dipasangkan pada print circuit board (pcb) sebagai mesin penganalisa gambar dan menterjemahkan ke output webcam yang biasanya dalam bentuk slot Universal Serial Bus (USB) dilengkapi dengan kable fleksibel yang dikoneksikan ke komputer kita.

Microphone

Micropone merupakan perangkat electonic yang menggunakan prinsip induksi medan magnet yang akan membaca frekunsi tertentu  berupa sinyal analog yang kemudian dirubah menjadi sinyal digital.

Microphone pada komputer saat ini biasanya menjadi satu pada sebuah headphone, yang biasanya digunakan untuk komunikasi dengan lawan bicara melalui chating dengan menggunakan aplikasi messenger.

—————————————————————————————————————————————————————–

TEKNOLOGI KOMPONEN OUTPUT

—————————————————–

Komponen output merupakan hasil pengoperasian dari sistem komputer. Komponen output ini memiliki perkembangan teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jaman.

Monitor

Monitor adalah komponen output yang sangat penting, berupa tampilan teks, grafik, gambar dll. Kebayang kalau komputer kita gak ada monitornya, hehehe.

Monitor saat ini menggunakan teknologi LED (Light Emiting Dioda) yang nyaman digunakan untuk kesehatam mata kita. Teknologi LED ini dikenal dengan teknologi ramah lingkungan.

Printer

Adalah komponen output  untuk mencetak hasil dari proses yang kita inginkan,misalkan untk mencetak tulisan yang kita ketik atau mencetak foto kita.

Printer terdiri dari beberapa jenis teknologi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. Untuk perkantoran yang menggunakan beberapa ply kertas biasanya menggunakan printer teknologi dot matrik.  Printer yang paling banyak digunakan saat ini adalah printer dengan teknologi tinta yang bisa mencetak semua warna sampai foto kita bisa kita cetak dengan kertas foto. Banyak dari kalangan bisnis contohnya warnet menggunakan printer tinta untuk menghemat dengan cara infus dengan menambahkpe infus tabung tinta diluar printer dengan mengalirkan tinta melalui media selang ke catridge. Bahkan sampai saat ini telah dikeluarkan printer dengan type infus yang resmi dikeluarkan olehy EPSON dengan type L-100 dan L-200.

Speaker

Speaker merupakan teknologi output dengan mengeluarkan suara yang dikirim oleh kartu suara dari sistem komputer. Speaker menggunakan teknologi medan magnet dengan lilitan yang terbuat dari kawat email berinduksi dengan magnet sehingga menghasilkan suara.

Proyektor

Proyektor bekerja dengan konsep pembiasan cahaya yang dihasilkan oleh panel-panel LCD (Liquid Crystal Display) .

Teknologi LCD ini mengedepankan efisiensi cahaya yang dihasilkan yaitu dengan dengan daya listrik yang kecil bisa menghasilkan cahaya yang maksimal, sehinggua kualitas gambar yang dihasilkan menjadi sempurna.

Plotter

Plotter adalah printer dengan ukuran yang sangat besar, yang digunakan untuk mencetak gambar dengan ukuran yang cukup besar. plotter ini ini biasanya dimiliki oleh percetakan-percetakan skala besar.

Teknologi plotter ini tidak jauh berbeda dengan printer warna biasa, hanya saja kualitas gambar yang menjadi perhatian utama pada mesin plotter ini.

—————————————————————————————————————————————————————–

3  MEREK PROCESSOR DAN 5 TEKNOLOGINYA

——————————————————————–

Processor Intel

Processor Intel Pentium merupakan teknologi yang berkembang pesat dibanding pesaingnya yang lain pada jamannya, bahkan mempunyai kesan kalau processor itu adalah pentium ^_^. Intel Pentium ini merupakan generasi kelima dari arsitektur mikroprocessor x86. Contoh generasi Intel Pentium adalah berikut :

Intel Pentium, Pentium merupakan generasi kelima dari arsitektur micropocessor x86 yang dibuat dan dikembangkan oleh Intel Corporation. Intel pentium generasi pertama ini memiliki kode nama i586, P5, atau 80586 dengan kecepatan 60 MHz dan 66 MHz. Prosesor ini merupakan paket Pin-Grid Array 273-pin yang ditancapkan pada Socket-4. Teknik yang dikembangkan dengan menggunakan teknik manufaktur Bipolar CMOS 800 nanometer. Prosesor ini terliha besar, untuk menetralisir panas yang dihasilkan memerlukan komponen tambahan sehinggaprosesor ini hanya tersedia sebentar saja di pasaran. Tegangan yang digunakan cukup besar yaitu seitar 5 volt, itulah penyebab prosesor ini boros daya yaitu memakan daya hingga 16 Watt dan memiliki panas yang berlebih.

Intel Pentium II, adalah processor penerus Pentium Pro, yang dilengkapi dengan teknologi MMX yang diluncurkan Mei 1997. Sebelumnya prosesor ini dikenal dengan codename Klamath yang akhirnya disebut dengan Intel Pentium II.

Intel Pentium III, adalah processor yang pada awalnya memiliki codename Coppermine diluncurkan pada 25 October 1999, yang bekerja pada kecepatan 500MHz sampai dengan 1GHz.

Intel Pentium 4, diluncurkan pada 20 Vovember 2000. Merupakan generasi ke-7 dari arsitektur x86.

Intel Pentium D, merupakan teknologi Dual Processor pengembangan dari Pentium x64 yang dirilis pada 25 May 2005.

 

 

Processor AMD

AMD adalah singkatan dari Advanced Micro Devices, Inc yaiut sebuah perusahaan semikonduktor multi nasional Amerika Serikat berbasis di California. Beberapa generasi Processor AMD adalah sebagai berikut :

Duron, merupakan processor murah yang dikenalkan pada bulan juni 2000 dengan kode nama Spitfire, yang dibuat berdasarkan core Thunderbird.  processor ini menggunakan socket A seperti hal nya Athlon. Arsitektur yang dimiliki Duron memiliki bus S2K yang digunakan dalam Athlon (200 MHz/266 MHz).

Sempron, Diperkenalakan pada tahun 2004 yaitu pengganti AMD Duron guna menyaingi Intel Pentium D. AMD Duron ini terdiri dari dua jenis yaitu AMD Sempron Socket A dengan kecepatan 1500 MHz samapai dengan 2000MHz, yang kedua AMD Sempron Socket-754 processor ini dibangun pada AMD 64 bit.

Athlon, adalah seri mikroprosesor generasi ke-7 yang dibuat oleh AMD, keunggulannya mempunyai system bus berkecepatan 200Mhz, system cache yang dimilikinya yaitu 384k.

Athlon 64,  merupakan generasi Athlon yang dibangun dengan arsitektur 64 bit.

Phenom, merupakan generasi processor buatan AMD yang mulai mengedepankan penghematan daya yang memiliki kemampuan lebih dibandingkan generasi sebelumnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: